Oto Blogger Indonesia Sudah Dua Tahun Berkarya

rps20130301_191517Tak terasa, sejak direnungkan, dan diambil sikap untuk mendirikan Oto Blogggers Indonesia 1 Maret 2011 lalu, OBI (singkatan dari Oto Bloggers Indonesia) sudah melewati 2 tahun eksistensi dalam hal komunitas blogger. Umur dua tahun masihlah terlalu dini untuk menjelaskan siapa OBI sebenarnya. Tidak mudah memang, menjadi sebuah komunitas yang tidak terlalu mainstream dalam hal penulisan artikel otomotif. Namun OBIwan (anggota OBI) yakin bahwa perjuangan membuka banyak jalan. Beragamnya cara menulis artikel, menyampaikan pendapat hingga adu argumentasi berasaskan data dan fakta menjadi keseharian OBIwan di milis OBI. Namun OBIwan juga sepakat bahwa diperlukan sekedar aksi sekedar menyebar tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Action speaks louder than words. Mungkin pepatah tersebut yang menginspirasi trio OBI yang kebetulan berdomisili di Mojokerto, Jawa Timur. Ini bukan kota besar seperti Jakarta dan sub urban penyangganya. Eko, Rahman dan Ata, 3 blogger yang kerap jauh dari hingar bingar dan kilauan industri otomotif nasional, ternyata memiliki ide cemerlang untuk merayakan ultah OBI yang kedua kalinya ini. Dengan mengadaptasi konsep hut pertama, trio penggemar kopi dan wanita muda ini, berinisiatif untuk berbagi pengetahuan tentang bagaimana menggunakan Internet untuk menambah pengetahuan, atau istilah kerennya, “internet sehat”. Lokasinya berada di YPAY (Yayasan Pendidikan Anak Yatim) AL-Ikhlas yang bertempat di Mojokerto, Jawa Timur.

“Yah kita usahakan dari lingkungan sekitar dahulu. Toh masih banyak yang gagap teknologi, bukan karena tidak bisa, tetapi karena masih belum paham dasarnya.” Demikian ucap Rahman, pria muda single berwajah tampan yang berprofesi sebagai tenaga pendidik tersebut. Sementara, Ata, blogger muda yang murah senyum juga berpendapat, “Semua orang sudah tahu apa itu facebook, twitter, tetapi banyak yang masih belum paham apa itu jejaring , sosial, manfaat dan rambu-rambunya. Untuk itulah kita coba berbagi pengetahuan kita tentang Internet, Blog, Jejaring Sosial dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.”

rps20130301_185439Selain berbagi tentang Internet, OBIwan yang dibantu relawan bro Tiono juga berbagi pengetahuan tentang keselamatan berkendara. Misalnya tentang tidak menggunakan ponsel saat berkendara, menggunakan helm, serta mematuhi rambu-rabu lalulintas. “Eyang Edo (blogger senior) mengatakan bahwa kecelakaan selalu diawali dengan pelanggaran lalu lintas. Melihat sekarang ini banyak anak usia sekolah yang mengemudikan kendaraan roda dua, kami ingin menyampaikan ini (keselamatan berkendara) agar mereka paham resiko berkendara di jalan raya.” ujar Eko Deby, pria penggemar kopi tubruk yang mengkoleksi beberapa kopi dari seantero nusantara.

Seperti biasa, kegiatan kali ini minim dukungan sponsor dari pihak industri otomotif, namun tidak menyurutkan niat OBIwan di Mojokerto untuk tetap bergerak. Dana alakadarnya pun dikirim dari OBIwan yang berada di Jakarta. Dan tidak butuh waktu lama ketika kegiatan tersebut sudah terlaksana dengan segala keterbatasannya. Well, aksi sosial memang tidak melulu harus berada dalam lingkup gegap gempita publikasi ala korporasi. OBIwan, dengan segala keterbatasannya berusaha untuk tetap berbagi dan terus berbagi demi kepentingan masyarakat. Dan dengan ini pula, Oto Bloggers Indonesia mengucapkan, dengan kerendahan hati, TERIMA KASIH, kepada bloggers, komunitas dan individu-individu yang selama ini support OBI.

*lirik OBIwan Tangerang*

4 responses to “Oto Blogger Indonesia Sudah Dua Tahun Berkarya

  1. Tolong buat aparat, jangan berlaku keparat, razia motor,mobil disekolah2, kalian pasti tau banyak siswa yg belum cukup umur membawa kendaraan.
    Dan larang pada para siswa sd,smp sampai smu, membawa kendaraan selain sepeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s