Profil Oto Blogger Indonesia

OTO BLOGGER INDONESIA

PROFIL
Oto Blogger Indonesia (OBI) didirikan oleh blogger peminat otomotif. OBI dibentuk untuk mewadahi aktifitas blogger di dunia maya, dan di dunia nyata. Terutama menjalin jejaring sosial untuk memberikan kontribusi secara nyata kepada orang-orang sekitar.

Konten blog anggota OBI mencakup dunia otomotif dan bidang terkait, termasuk masalah sosial dan ekonomi.

Kemandirian isi blog anggota OBI terjamin oleh kredibilitas dan independensi tiap anggota. Sedangkan OBI membudayakan demokrasi yang egaliter dengan nafas transparansi dengan akuntabilitas yang tinggi.

DEKLARASI
Dideklarasikan pertamakali oleh beberapa blogger di warung roti bakar, di daerah Blok A, Jakarta Selatan. Kata-kata ‘Oto Blogger’ disepakati pada pukul 23.03 WIB, 22 Februari 2011. Dalam perkembangannya, ditambahkan kata “Indonesia” agar lebih membumi. Secara online, agregator Oto Blogger Indonesia mulai aktif 1 Maret 2011, pukul 00:00 WIB. Tanggal 1 Maret disepakati menjadi tanggal lahirnya OBI.

KEGIATAN
Aktifitas OBI tidak sebatas dunia maya, namun dilengkapi kopi darat (kopdar) untuk menjalin silaturahmi lebih intensif. OBI kerap mengangkat isu-isu terkini dunia otomotif, keselamatan jalan raya, olahraga otomotif, dan isu lainnya. Kegiatan tersebut dapat berupa diskusi dengan pabrikan otomotif, konsumen, komunitas/klub atau pihak lain.

VISI
Menjadi komunitas blogger otomotif yang bersifat nirlaba, independen dan memiliki kredibilitas tinggi di Indonesia.


MISI
1. Mengkritisi kebijakan dunia otomotif nasional.
2. Mengajak masyarakat secara aktif, untuk perduli terhadap keselamatan berkendara di jalan.
3. Melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan secara aktif.


ANGGOTA
Anggota OBI adalah blogger yang independen, tidak terpengaruh pihak manapun dalam berpendapat maupun bersikap.

Keanggotaan OBI bersifat terbuka dan sukarela. Setiap anggota memiliki kepekaan sosial untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat secara luas.

BERGABUNG KE OBI
OBI terbuka bagi blogger otomotif manapun yang ingin bergabung. Tetapi, layaknya sebuah organisasi, ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi:

  1. Harus punya blog. Terutama otomotif. Sebelum bergabung ke OBI, minimal sudah ngeblog aktif selama enam bulan. Dengan jumlah artikel minimum 48. Jumlah hit pengunjung blog tidak menjadi tolak ukur.
  2. Direkomendasikan oleh minimal satu orang anggota OBI.
  3. Mengajukan diri bergabung ke milis otoblogger@googlegroups.com. Keputusan diterima atau tidaknya, berdasarkan musyawarah untuk mufakat, dilakukan oleh anggota milis. Jika tidak dicapai kata mufakat, maka diadakan voting.
  4. Postingan dilarang menyinggung persoalan SARA dan pornografi.
  5. Calon anggota mesti mengikuti kopdar dengan rekan-rekan OBI. Bagi blogger luar Jakarta, bisa mengirimkan data pribadi yang lengkap, yang nantinya akan divalidasi.
  6. Jika sudah memenuhi syarat, maka blogger yang bersangkutan akan terlebih dahulu diundang ke milis untuk beradaptasi dengan dinamika OBI. Hal ini dilakukan selama 1 bulan.
  7. Melalui serangkaian diskusi interaktif diantara anggota OBI, jika disetujui mayoritas, blogger yang bersangkutan akan tercantum di blog aggregator otoblogger.
  8. OBI berhak mengeluarkan anggotanya yang melanggar Aturan Main serta aturan-aturan yang disepakati kemudian.
  9. Mekanisme mengeluarkan anggota OBI melalui forum musyawarah. Setiap anggota berhak menyampaikan pendapat dan pikirannya. Apabila diperlukan, dilakukan mekanisme voting secara terbuka.

AGREGATOR OTO BLOGGER INDONESIA
1.      Beralamat di http://otobloggerindonesia.wordpress.com, ini adalah agregator resmi OBI. Diharapkan blog agregator ini bisa menjadi ajang komunikasi, silaturahmi, dan penyebaran informasi dari dan oleh blogger untuk masyakat otomotif khususnya, dan juga masyarakat umum.

2.      Agregator tersebut dikelola oleh moderator OBI. Anggota OBI yang sudah terlebih dahulu dikenal di milis dan aktif terlibat diskusi, maka tautan ke blognya akan dipasang di agregator ini.

3.      Tidak ada istilah “Posisi Menentukan Prestasi”. Penempatan posisi blog dalam baris tautan, tidak mengenal rumus tertentu. Misalnya hits tertinggi di atas, hits terendah di bawah atau sebaliknya. Penempatan susunan acak semata. Dan otobloggers tidak diperkenankan meminta posisi tautannya di bagian tertentu. Mengapa? Karena hal ini tidak penting sama sekali!

REPRESENTASI OTO BLOGGER INDONESIA
Representasi yang dimaksud di sini adalah sekelompok blogger yang mengajukan diri, atau ditunjuk dalam suatu rapat oleh seluruh anggota OBI yang hadir, untuk mengkomunikasikan kepentingan OBI kepada pihak luar. Entah itu pihak ATPM, sponsor, komunitas atau korporasi lainnya. Hal ini bertujuan agar transparansi dan efektifitas komunikasi tetap terjaga. Berikut adalah struktur representasi OBI:

  1. 1. Koordinator
    1. Dipilih secara transparan oleh seluruh OBI dalam suatu forum. Melalui musyawarah untuk mufakat. Dalam hal tidak terjadi kesepakatan, maka diadakan voting.
    2. Bertugas untuk menjadi jembatan komunikasi antara OBI dengan pihak-pihak luar.
    3. Menyampaikan hasil diskusi, negosiasi atau penawaran kerjasama antara pihak luar, dengan OBI di milis secara terbuka.
  1. 2. Sekretaris
    1. Dipilih secara transparan oleh seluruh OBI dalam suatu forum. Melalui musyawarah untuk mufakat. Dalam hal tidak terjadi kesepakatan, maka diadakan voting.
    2. Mendukung komunikasi dengan administrasi.
  1. 3. Bendahara
    1. Dipilih secara transparan oleh seluruh OBI dalam suatu forum. Melalui musyawarah untuk mufakat. Dalam hal tidak terjadi kesepakatan, maka diadakan voting.
    2. Mengatur keuangan OBI. Entah itu uang iuran (jika ada) atau finansial saat kegiatan resmi OBI.
    3. Menyampaikan secara terbuka, via milis, laporan keuangan yang berkaitan dengan kegiatan OBI.
  1. 4. Hansip Milis
    1. Dipilih secara transparan oleh seluruh otoblogger dalam suatu forum. Baik melalui suara terbanyak, atau musyarah untuk mufakat.
    2. Bertugas untuk memonitor keamanan milis, dan juga mengurus administrasi pendaftaran member baru.
  1. 5. Satpam Agregator
    1. Dipilih secara transparan oleh seluruh otoblogger dalam suatu forum. Baik melalui suara terbanyak, atau musyarah untuk mufakat.
    2. Menjalankan fungsi keamanan agregator dan memerbaharui data-data tautan OBI. Juga memerbaharui berita-berita terkait aktitas OBI.

Para representasi berhak mengajukan pengunduran diri, atau keluar dari posisinya dengan terlebih dahulu memberitahukan alasan kepada anggota OBI melalui media milis.

Jakarta, 23 Maret 2011


About these ads

2 responses to “Profil Oto Blogger Indonesia

  1. Ping-balik: Wajah Oto Blogger Indonesia « Edo Rusyanto's Traffic·

  2. Ping-balik: 2 Hari 1 Malam Di Semarang Bersama #XLNetRally·

Komentar ditutup.